User Form Dalam VBA Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, November 30, 2020

User Form Dalam VBA Excel


Pernahkah kalian menggunakan suatu aplikasi yang dapat menginput suatu data? Data tersebut biasanya dalam berbagai jenis data misalnya seperti, data siswa, data karyawan, data customer, dan lain sebagainya.

Hal di atas dapat juga dilakukan oleh aplikasi Ms. Excel. Kali ini web Matematika Akuntansi akan mengulas beberapa hal dari salah satu fitur VBA Ms.Excel yang dapat mnginput sudatu data. fitur tersebut adalah User Form. Hal yang akan kami bahas meliputi :
  1. Pengertian User Form dalam VBA;
  2. Contoh User Form VBA Excel;
  3. Sampai dengan Cara Membuat User Form.

1. Pengertian User Form dalam VBA

User Form adalah jendela atau kotak dialog yang merupakan bagian dari antarmuka pengguna aplikasi Ms. Excel. Dalam VBA Excel User Form memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk menginput data dengan berbagai macam cara, misalnya seperti mengetik langsung atau memilih suatu data tertentu.

2. Contoh User Form VBA Excel


User Form di atas adalah User Form untuk mengisi data karyawan suatu perusahaan. Pada contoh di atas kota bisa mamasukan nama dengan cara mengetik manual, memilih jenis kelamin yang telah ditentukan, memilih tanggal lahir, dan memasukan poto karyawan. Jika data sudah terisi pada user Form dan kalian mengklick Simpan maka data akan masuk ke dalam Sheet Ms.Excel sesuai dengan coding yang telah dibuat saat membuat userform tersebut.

3. Cara Membuat User Form VBA Excel

Untuk cara membuat user form akan kami jelaskan secara garis besar saja yaitu kami akan menjelaskannya pada beberapa contoh fitur saja yang bisa digunakan dalam user form. Misalkan kita akan membuat User Form yang terdiri dari Label, Text Box, Frame, dan Option Button, maka langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

3.1. Buka aplikasi Ms. Excel isi cell A1 dengan "Nama" dan "Jenis Kelamin" sebagai header yang akan dibuat.

3.2 Pilih Menu → Developer View Code di jendala Ms. Excel;

3.3 Setelah jendela VBA Terbuka pilih menu Insert → User Form

3.4 Setelah jendela User Form Terbuka maka kalian pilih Label yang tersedia pada ToolBox dan letakan pada User Form. dan ganti captionnya dengan "Nama". ;

3.5 Pilih kembali Text Box yang ada pada Toolbox dan letakan pada User Form, guna untuk menginput nama seseorang;

3. 6 Kemudia pilih Frame → letakan dalam user form guna untuk membuat list jenis kelamin dan ganti captionya dengan Jenis Kelamin;

3.7 Pilih Option Button pada ToolBox dan kemudian letakan pada Frame yang telah dibuat sebelumnya. Buatlah 2 Option Button yaitu dengan caption Laki-Laki dan Perempuan ;

3.8 Pilih CommandButton di ToolBox dan letakan di User Form dan ganti captionya degan "Save";

3.9 Klick 2 kali pada CommandButton dan kemudian isikan kode di bawah ini pada jendela UserForm1 :

Private Sub CommandButton1_Click()

    Dim TulisNama

    Sheets("Sheet1").Activate

    Range("A2") = TextBox1.Text


        If OptionButton1 Then Range("B2") = "Laki-Laki"

        If OptionButton2 Then Range("B2") = "Perempuan"


    TextBox1.Text = ""

    OptionUnknown = True

    TextBox1.SetFocus

End Sub



3.10 Jalankan UserForm yang telah dibuat dengan memilih menu Run Run Sub/User Form;

3.11 Isikan data pada User For yang sedang dijalankan.

Maka hasilnya menjadi :

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi :

  • https://docs.microsoft.com

 

Salam,

Muhamad Pajar Sidik

President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com
IG @mupasid

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇