9 Properti Penting Objek Range VBA Excel yang Sering Digunakan ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, November 6, 2020

9 Properti Penting Objek Range VBA Excel yang Sering Digunakan


Properti, dalam beberapa bahasa pemerograman berorientasi objek, adalah jenis anggota kelas khusus, fungsi perantara antara anggota data dan method.

Range memiliki banyak properti dalam VBA Excel. Namun, ada 9 properti yang paling sering digunakan untuk membuat macro. Diantaranya adalah :
  1. Value;
  2. Text Property;
  3. Count Property;
  4. Column & Row;
  5. Address;
  6. Has Formula;
  7. Font;
  8. Interior;
  9. Formula.

1. Value
Value adalah properti yang berfungsi untuk mengambil atau mengisi nilai dalam suatu cell. Misalkan dalam cell A1 terdapat nilai 21031997. Jika kita menulis script di bawah pada suatu modul VBA Excel :
Sub Nilai()
MsgBox Worksheets("Sheet1").Range("A1").Value
End Sub
Maka ketika script di atas dijalankan akan muncul kotak dialog terisi angka 20031997.

2. Text Property
Text properti berfungsi untuk menampilkan value dalam sebuah cell sebagai text. Berikut scriptnya jika ingin menampilkan value cell A1 sebagai text ke dalam kotak dialog :
Sub Tex()
MsgBox Worksheets("Sheet1").Range("A1").Text
End Sub

3. Count Property
Count Property berfungsi untuk menghitung jumlah cell suatu range. Misalkan kita akan menghitung jumlah cell yang ada di range A1 sampai dengan B5 dan kemudian menampilkannya dalam suatu kotak dialog, maka gunakan script coding di bawah ini :
Sub CountProperty()
MsgBox Range("A1:B5").Count
End Sub

4. Column & Row
Property Column & Row digunakan untuk menunjukan posisi dari suatu cell. Jika kalian menggunakan property column & row, maka akan terlihat posisi cell jika dilihat dari hitungan kolom dan baris. Misalkan kita tuliskan script di bawah pada sebuah modul VBA :
Sub Kolom()
MsgBox Worksheets("Sheet1").Range("D3").Column
End Sub

Jika script tersebut dijalankan, maka akan muncul kotak dialog yang memperlihatkan posisi kolom D3 yaitu 4 yang artinya bahwa kolom D3 berada pada kolom ke 4 Ms. Excel. Begitupun juga jika kita menuliskan script di bawah pada sebuah modul :
Sub Kolom()
MsgBox Worksheets("Sheet1").Range("D3").Row
End Sub

Ketika script di atas dijalankan, maka akan muncul kotak dialog yang menunjukan posisi baris keberapa range D3. Range D3 berada pada baris ke 3, maka kotak dialog pasti akan memunculkan angka 3.

5. Address
Property address berfungsi untuk menampilkan posisi absolute suatu range. Absolute pada Ms. Excel di tandai dengan $. 

Isikan script di bawah ini ke dalam modul VBA Excel:
Sub AlamatCell()
MsgBox Range(Cells(1, 1) , Cells(4, 4)). Address
End Sub

Jika script di atas dijalankan, maka akan muncul kotak dialog yang menampilkan $A$1:$D$4 sebagai posisi absulote range.

6. Has Formula
Property has Formula berfungsi untuk mendeteksi apakah ada suatu formula atau tidak pada suatu cell atau range. Jika pada suatu cell atau range ada formulanya maka akan menampilkan TRUE dan apabila tidak akan menampilkan FALSE. Berikut adalah script codingnya jika kalian ingin menampilkan hasil dari property has formula dalam suatu kotak dialog :
Sub Rumus()
MsgBox Range("A1").HasFormula
End Sub

7. Font
Property Font dapat digunakan untuk mengubah penggunaan font dalam cell atau range. Misalnya kalian ingin menebalkan tulisan pada range A1, maka tulis script di bawah ini dalam suatu modul VBA Excel :
Sub Huruf()
Range("A1").Font.Bold = True
End Sub

8. Interior
Interior property berfungsi untuk mengubah tampilan suatu Cell atau Range. Misalkan kita akan mewarnai latar range A1 sampai A2 menjadi biru, maka tuliskan script di bawah ini pada module VBA Excel :
Sub Latar()
Range("A1:A2").Interior.Color = vbBlue
End Sub

9. Formula
Propery formula berfungsi untuk memasukan suatu formula ke dalam suatu cell. Jadi selain dengan formula bar kita juga bisa memasukan formula melalu script VBA Excel. Misalkan kita ingin memasukan formula =SUM(A1:A10) ke dalam range A11, maka tuliskan script di bawah ini pada modul VBA Excel :
Sub Formula()
Range("A11").Formula = "=SUM(A1:A10)"
End Sub

Referensi :
  • https://en.m.wikipedia.org/wiki/Property_(programming)

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇