Cara Mendeklarasikan Array dalam Script VBA Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, October 30, 2020

Cara Mendeklarasikan Array dalam Script VBA Excel

Deklarasi suatu variabel merupakan suatu hal yang penting dalam pengkodean. Variabel yang tidak dideklarasikan sangat beresiko menjadi error. Kejadian tersebut bisa terjadi karena suatu bahasa pemerograman dibuat dengan aturan-aturan tertentu seperti salah satunya aturan tipe data.


Suatu variabel dibuat dengan berbagai macam tipe data, diantaranya ada yang bertipe data sama dan ada juga yang bertipe data beda. Data bisa bertipe sama akan tetapi nilainya bisa juga berbeda. Suatu data misalkan :
Staff1 = "Muhamad"
Staff2 = "Pajar"
Staff3 = "Sidik"

Ketiga data tersebut memiliki tipe data yang sama akan tetapi nilainya berbeda. Data tersebut merupakan sama-sama data staff. Jika ketiga data merupakan variabel VBA Excel, maka data harus dideklarasikan. Pendeklarasian ketiga variabel tersebut bisa dideklarasikan secara satu persatu atau bisa juga dideklarasikan secara sekaligus. Pendeklarasian dengan cara mendeklarasikan ketiga variabel secara sekaligus disebut dengan pendeklarasian dalam bentuk array.

Array dalam VBA Excel adalah suatu nama variabel yang menyimpan lebih dari satu buah data dengan tipe data yang sama. Array juga bisa diartikan sebagai suatu nama variabel yang menyimpan value lebih dari satu dan berbeda-beda.

Cara Mendeklarasikan Variabel Coding VBA Excel Dalam Bentuk Array

Untuk mendeklarasikan varibel dalam bentuk array adalah dengan memulai coding dengan kata Dim kemudian diikuti dengan nama variabel dan tuliskan arraynya kemudian tulis As dan ikuti dengan jenis tipe datanya. Berikut penulisannya :
Dim NamaVariabel (1 to .. ) As TipeData

Keterangan :
  • (1 to ..) merupakan suatu banyaknya data atau Array. Jika kita memiliki 9 data maka ditulis (1 to 9)

Contoh :
Misalkan kita memiliki variabel :
Staff1 = "Muhamad"
Staff2 = "Pajar"
Staff3 = "Sidik"

Maka coding pendeklarasiannya adalah :
Dim Staff (1 to 3) As String

Penjelasan :
Karena nilai dari varibel bertipe data text, maka tipe data yang dipilih untuk mendeklarasikan variabel adalah String. Array dari variabel tersebut adalah (1 to 3). Dengan coding Dim Staff (1 to 3) As String, maka ketiga variabel tersebut sudah menjadi nilai dengan tipe data string secara coding VBA Excel.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇