Suatu perusahaan biasanya memakai suatu aplikasi untuk mengawasi dan mempermudah proses kegiatan operasionalnya. Aplikasi tersebut misalnya adalah aplikasi WMS (Warehouse Management System) yang bisa digunakan untuk menginput data barang, melihat data barang, dan lain sebagainya. Namun, aplikasi tersebut biasanya bukan aplikasi gratis, akan tetapi aplikasi berbayar yang mahal harganya.
Namun, Ada juga aplikasi yang sering juga dipakai untuk membantu mempermudah pekerjaan kantoran yaitu aplikasi Ms. Office. Ms. Office adalah suatu kumpulan aplikasi yang dapat membantu kita untuk mengolah data, angka, email dan lain sebagainya. Salah satu aplikasi Ms. Office yang paling sering digunakan di perkantoran adalah aplikasi Ms. Excel.
Aplikasi Ms. Excel sangat berguna bagi pekerjaan kantoran. Namun, bagi para pemula, Ms. Excel akan terasa ribet digunakan bahkan terasa menyulitkan. Misalkan bagi pemula, jika ia ingin memasukan data ke dalam Ms. Excel pasti akan satu persatu atau Cell per Cell ia masukan data yang ia inginkan.
Tahukan kalian bahwa sebenernya kita bisa memasukan data ke dalam Ms. Excel tidak dengan cara memasukan data secara satu persatu kedalam Cell, akan tetapi kita dapat menginput data Ms. Excel dengan bantuan Formulir, sehingga data akan masuk ke dalam Ms. Excel secara otomatis ketika formulir tersebut diisi.
Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang cara membuat form entry data pada excel dengan sangat mudah.
Untuk menggunan Form Entry Data pada excel maka kalian harus memnculkan fitur Form terlebih dahulu jika belum ada, Berikut cara mengaktifkan fitur Form. Fitur Form akan kita munculkan di Quick Access Toolbar dan berikut caranya :
- Buka aplikasi Ms. Excel;
- Buka file yang kalian inginkan;
- Pilih menu File;
- Klick Option;
- Pilih Quick Access Toolbar di jendela Excel Option;
- Pilih Commends Not in the Ribbon pada Choose commands form di jendela Excel Option;
- Klick Form di jendela Excel Option;
- Klick Add di jendela Excel Option;
- Klick OK di jendela Excel Option.
Jika fitur Fom sudah muncul, maka kalian tinggal menggunakan fitur tersebut dengan cara :
- Block area tabel kalian;
- Klick Fitur Form;
- Isikan data sesuai keinginan kalian pada jendela Sheet 1;
- Klick New pada jendela Sheet 1.
Dengan cara di atas maka kalian sudah bisa mengentry data menggunakan fitur Form yang dimiliki oleh Ms. Excel.
Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.
Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email : fajarmoehamad@gmail.com
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.
Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email : fajarmoehamad@gmail.com
Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇