Cara Membuat Kop Surat di Ms. Excel dengan Mudah ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, August 19, 2020

Cara Membuat Kop Surat di Ms. Excel dengan Mudah

Surat menyurat menjadi suatu hal yang penting dalam dunia perkantoran. Setiap perusahaan bahkan setiap divisi perusahaan bisa mengeluarkan surat untuk keperluan tertentu.


Jika pada zaman dahulu surat menyurat bisa dilalukan hanya dengan menggunakan pena, maka pada zaman sekarang sudah bisa menggunakan virtual atau bisa dibantu dengan alat yang bernama komputer.

Pembuatan surat dengan menggunakan komputer menjadi suatu pilihan yang paling banyak digunakan pada zaman sekarang karena dengan menggunakam komputer kita bisa menghapus dan mengedit surat tanpa mengeluarkan biaya. Misalkan jika ada satu kata yang salah, maka kita bisa dengan mudah menghapus kata tersebut.

Berbeda dengan zaman dahulu, dimana jika ada suatu kesalahan pada saat membuat surat dengan menggunakan pena dan kertas, maka kita harus mengkoreksinya dengan susah bahkan bisa mengeluarkan biaya dan mengurangi keindahan dari tampilan surat tersebut. Misalkan, jika kita salah menulis suatu kata, maka kata tersebut harus dicoret. Jadi jika banyak yang salah maka akan banyak coretan pada surat yang kita buat.

Dalam membuat surat menggunakan komputer kita bisa menggunakan aplikasi Ms. Word & Ms. Excel. Biasanya yang paling sering digunakan untuk membuat surat adalah Ms. Word. Namun, membuat surat dengan Ms. Word akan lebih sulit jika surat yang akan dibuat berupa data-data dalam bentuk tabel. Maka dari itu, kita juga bisa menggunakan Ms. Excel untuk membuat sebuah surat.

Dalam pembuatan surat hal yang paling pertama harus diperhatikan adalah pembuatan kop surat.


Apa itu kop surat?

Kop surat adalah identitas suatu perusahaan/instansi agar penerima surat mengetahui asal surat tersebut serta perusahaan atau lembaga apa yang mengirim surat kepada mereka. (Refer : https://uprint.id/blog/contoh-kop-surat-perusahaan/)

Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang cara membuat Kop surat di Ms. Excel dengan mudah. Berikut cara nya :
  1. Buka aplikasi Ms. Excel;
  2. Buka file yang kalian inginkan;
  3. Pilih menu Insert;
  4. Klick Header & Footer;
  5. Isikan nama header yang kalian ingninkan;
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :



Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇