Cara Edit Banyak Sheet Dalam 1 Sheet Ms. Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, August 12, 2020

Cara Edit Banyak Sheet Dalam 1 Sheet Ms. Excel

Apa itu edit? Seringkali dalam dunia komputerisasi kita mendengar kata edit. Namun, apakah kalian tau apa arti dari edit? Atau apa definisi dari edit?


Saya yakin, banyak sekali orang yang tidak bisa menjelaskan definisi dari kata Edit.

Edit adalah suatu proses memperbaiki, merubah, menambah atau mengurang tampilan dari suatu objek tertentu.

Misalkan kalian memiliki suatu file, kemudian kalian memberi warna pada file kalian, maka proses pada saat pemberian warna tersebut bisa disebut sebagai proses mengedit.

Dalam Ms. Excel ada banyak fitur yang disediakan untuk mengedit data, misalkan seperti fitur untuk mewarnai tulisan, memperbesar tulisan, menghapus data, menambah kolom, dan masih sangat banyak lagi fitur lainnya.


Dalam Ms. Excel ada fitur yang bernama sheet. Sheet adalah kertas kerja dari Ms. Excel. Satu file Ms. Excel bisa terdiri dari banyak sheet. Biasanya untuk mengedit data dalam Ms. Excel kalian harus melakukan proses editing secara satu persatu setiap sheet. Misalkan kalian mengedit sheet 1 kemudian dilanjutkan dengan mengedit sheet 2 dan seterusnya. Hal tersebut kurang efektive jika data yang kalian edit dalam setiap sheet pengaruhnya sama. Misalkan pada sheet 1 kalian ingin mewarnai cell A1 dan pada sheet 2 pun ingin melakukan hal yang sama, maka akan menjadi tidak efektive jika kalian melakukan proses editing secara satu persatu.

Melihat hal di atas web Matematika Akuntansi ingin berbegai ilmu tentang cara mengedit banyak sheet dalam 1 sheet Ms. Excel dengan tujuan agar pekerjaan yang kalian lakukan menjadi lebih efektife.

Untuk mengedit banyak sheet dalam satu sheet bisa kita gunakan fitur Select All Sheet. Berikut adalah cara dan contoh mengedit banyak sheet dalam satu sheet :
  1. Buka aplikasi Ms. Excel;
  2. Buka file yang kalian inginkan;
  3. Klick kanan pada sembarang sheet;
  4. Pilih Select All Sheets;
  5. Kemudian lakukan proses editing yang kalian inginkan seperti, mewarnai, menghapus, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini : (Sebagai contoh kami contohkan proses edit mengubah warna cell menjadi warna kuning)



Sebagai contoh kami mengedit cell A2 pada seluruh sheet dengan warna kuning, dan hasilnya menjadi :


Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇