Cara Mengatur Standar dan Format Negara di Ms. Excel yang Benar ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, June 29, 2020

Cara Mengatur Standar dan Format Negara di Ms. Excel yang Benar

Mata uang di setiap Negara itu berbeda, indonesia memiliki mata uang Rupiah, Amerika memiliki mata uang Dollar, Malaysia memiliki mata uang Ringgit, dan lain sebagainya. Tentunya perbedaan pada mata uang ini tidak hanya berbeda dari nama saja, akan tetapi secara struktur penulisan pun pasti berbeda.

Misalnya format nilai uang negara Amerika. Pemisah angka ribuan pada mata uang Amerika menggunakan tanda koma "," dan di Indonesia menggunakan tanda titik".". Sehingga di Negara Amerika untuk penulisan angka tujuh ribu ditulis "7,000" sedangkan di Indonesia 7,000 artinya 7. Ini akan menyebabkan kekacawan analisis dan perhitungan data pada Excel.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, sebelum kalian bekerja dengan Ms. Excel sebaiknya kalian memilih atau mengatur standar dan format negara yang sesuai dengan data yang sedang kalian kerjakan, dengan cara sebagai berikut :

Klik Star Control Panel;

Pada jendela Control Panel Klik Regional and Language sehingga muncul kotak dialog Regional and Language;

Pada tab Format dan list box Format, pilih format negara yang kalian inginkan.


Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf Apabila ada salah-salah kata. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menuliskannya dikolom komentar.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇