Cara Mewarnai Range Otomatis Pada Excel dengan Ketentuan Tertentu ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, December 9, 2019

Cara Mewarnai Range Otomatis Pada Excel dengan Ketentuan Tertentu

Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang mewarnai cell dengan otomatis, maka kali ini saya akan membuat artikel yang lebih hebat lagi yaitu mewarnai range dengan otomatis. Cell adalah pertemuan antara baris dan kolom dan Range adalah gabungan dari beberapa cells, maka cakupan range jauh lebih luas dari pada cell.

Dalam prakteknya mewarnai range secara otomatis ini adalah memberi manfaat untuk mempermudah pembaca memahami data/laporan dalam bentuk excel . Untuk lebih jelasnya kita langsung saja paraktek.

Untuk mewarnai range dengan otomatis kita dapat menggunakan tools Conditional Formating.
Untuk praktek kita buat dulu contoh data seperti gambar di bawah ini :

Hal yang pertama wajib teman-teman kalukan adalah memblock seluruh datanya terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini :


Untuk mewarnai baris yang berjenis kelamin laki-laki dengan warna biru dan warna pink untuk yang berjenis kelami perempuan, maka masuk menu Home Conditional  FormatingNew Rule.


Setelah muncul jendela New Formatting Rule kemudian pilih Use a formula to determine which cells to format . Kemudian pada kotak Format values where this formula is true isi rumusnya yaitu “=$D6="Laki-Laki"” dan kemudian klcik format untuk memilih format yang akan ditampilkan jika rumus tersebut berjalan.


Setelah muncul jendela Format Cells kemudian pilih Fill dan tentukan warnanya dan kemudian klick ok.


Dan klick ok lagi pada jendela New Formatting Rule.


Maka Hasilnya :


Dan Lakukan hal yang sama untuk membuat baris yang berjenis kelamin perempuan berwarna pink namun rumusnya saja yang diubah menjadi “=$D6="Perelmpuan"”. Dan hasilnya pasti akan seperti gambar dibawah ini :


Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat !!
Selam Blogger…..

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇