5 Rumus Ms. Excel yang sering digunakan di Perkantoran ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, December 1, 2019

5 Rumus Ms. Excel yang sering digunakan di Perkantoran

Ms. Excel adalah aplikasi yang paling sering digunakan dalam dunia perkantoran. Dengan menggunakan Ms. Excel para pekerja kantoran bisa mengolah datanya dengan jauh lebih cepat. Namun, seberapa cepat orang bisa mengolah data menggunakan Ms. Excel salah satunya yaitu sangat dipengaruhi oleh pengetahuan orang tersebut tentang rumus-rumus Ms. Excel.
Ada banyak sekali rumus dalam Ms. Excel. Namun, hanya ada beberapa saja yang sering dipakai oleh orang kantoran, diantaranya adalah sebagai berikut :

5. Left, Right, dan Mid

Rumus left, right, dan mid adalah rumus yang bisa mengambil suatu karakter di dalam cell. Rumus ini biasanya digunakan untuk mengolah data pengkodean untuk suatu produk. Misalnya kode terdiri dari 11 karakter yaitu “CBH12345678”. Jika kita ingin mengambil karakter huruf saja pada kode tersebut maka bisa menggunakan rumus left.
Rumus :
  • =LEFT(text,num_chars)
  • =RIGHT(text,num_chars)
  • =MID(text,star_num,num_chars)

4. Sum, Max, Min, dan Average.

Rumus sum, max, min, dan average adalah rumus untuk data statistika. Rumus ini biasanya digunakan untuk analisa data. Jadi kita bisa analisa data mencari nilai terbesar, terkecil, tengah, dan rata-rata dengan rumus tersebut.
Rumus :
  • =SUM(number 1, number 2, ...)
  • =MAX(number 1, number 2, ...)
  • =MIN(number 1, number 2, ...)
  • =AVERAGE(number 1, number 2, ...)

3. Rumus Operasi Perhitungan (+, - , /, x, dan lain-lain.)

Rumus operasi perhitungan tidak hanya  bisa dioperasikan pada kalkulator saja. Akan tetapi, pada Ms. Excel pun rumus perhitungan bisa digunakan. Untuk mengoperasikan rumus perhitungan pada Ms. Excel kita wajib mendahului karakternya dengan “=”. Contoh misalkan 7 + 10, maka dalam Ms. Excel penulisan rumusnya adalah “=7+10”.

2. If, and, dan or

Rumus if, and, dan or adalah rumus yang bernilai mahal harganya. Jika kita bisa mengoperasikan rumus tersebut maka kita bisa disebut orang yang level pemahaman Ms. Excelnya tinggi. Dengan rumus tersebut kita bisa merancang sebuah master untuk pembuatan suatu data laporan dalam bentuk table. Dengan rumus ini pekerjaan pengolahan data bisa menjadi lebih effisien.
Rumus :
  • =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
  • =AND(logical1, logical2, ...)
  • =OR(logical1, logical2, ...)

1. Vlookup dan Hlookup.

Rumus Vlookup dan Hlookup adalah rumus yang menduduki urutan pertama yang paling sering digunakan dalam dunia perkantoran. Jika teman-teman ingin menjadi pegawai kantoran, maka sudah seharusnya teman-teman mempelajari rumus ini karena ada beberapa perusahaan yang melakukan test perekrutan tenaga kerja dengan mengetest pengetahuan calon karyawan tentang sejauh mana pemahaman karyawan tersebut mengenal Ms. Excel yang salah satu soalnya kemungkinan besar ada soal tentang lookup.
Rumus vlookup dan hlookup ini bisa mengambil data dari file yang berbeda. Dengan adanya rumus ini para pekerja kantoran sangat terbantu dalam pengolahan data seperti pembuatan laporan, pembuatan tagihan, dan lain sebagainya.
Rumus :
  • =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
  • =HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])

Sekian dulu ya artikel kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Salam Blogger…….

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇