5 Macam Moda Transportasi Logistik ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, November 12, 2017

5 Macam Moda Transportasi Logistik

Apa itu moda transportasi ?

Wikipedia mengatakan bahwa Moda transportasi adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan alat angkut yang digunakan untuk berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lain.

Maka jika melihat definisi dari apa yang diutarakan oleh wikipedia, moda transportasi dalam logistik adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan alat angkut yang digunakan untuk berpindah tempatnya suatu barang logistik dari tempat satu ke tempat lain.

Ada lima macam moda transformasi dalam dunia logistik, diantaranya :

1. Moda transportasi jalan raya
Moda transportasi jalan raya adalah moda transportasi yang menggunakan fasilitas jalan raya atau bisa juga menggunakan jalan tol. Moda transportasi jenis ini mempunyai kendala jika keadaan dalam kondisi macet. Jika jalan raya padat akan kendaraan maka sudah pasti kiriman akan tiba dengan waktu yang tidak tepat atau terlambat, atau bisa saja tepat waktu, akan tetapi perjalanan harus di mulai beberapa jam sebelum waktu keberangkatan yang telah ditentukan sehingga akan banyak waktu yang terbuang secara sia-sia.

Kendaraan yang digunakan dalam moda transportasi ini adalah kendaraan seperti truk, truk box, truk container, dan motor.

2. Moda transportasi laut
Moda transportasi laut adalah moda transportasi yang menggunakan jalur laut. Barang logistik yang dikirim lewat jalur laut adalah barang logistik yang berjumlah banyak. Biasanya para pengirim barang menggunakan container untuk menyimpan barangnya diatas kapal. Pengiriman lewat jalur laut rawan sekali akan resiko pembajakan, sehingga butuh keamanan yang lebih untuk moda transportasi ini. Barang yang dikirim lewat laut adalah barang-barang yang akan dikirim keluar pulau atau keluar negeri dengan jumlah barang yang banyak dan tidak mungkin diangkut lewat udara.

Kendaraan yang digunakan dalam moda transportasi ini adalah kapal laut pengankut container dan kapal tanker.

3. Moda transportasi udara
Moda transportasi udara adalah moda transportasi lewat jalur udara atau lewat jalur penerbangan. Moda transportasi ini sangat baik digunakan jika perusahaan akan mengirim barang yang penting yang harus sampai dengan cepat. Moda transportasi lewat udara memang cepat dalam peroses pengirimannya namun harga yang dikenakan pun lumayan mahal.

Sudah pasti dalam moda ini yang digunakan adalah pesawat terbang. Ada barang yang dikirim dengan disimpan bagasi pesawat penumpang, dan ada juga barang yang dikirim dengan pesawat khusus cargo.

4. Moda transportasi rel
Moda transportasi rel adalah moda transportasi yang menggunakan jalur rel. Moda transportasi ini tidak akan mengalami kemacetan. Moda transportasi jenis ini biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang akan mengirim barangnya. Harga yang dikenakan untuk moda transportasi ini lumayan efesien.

Kendaraan yang digunakan untuk moda transportasi rel adalah kendaraan kereta api.

5. Moda transportasi pipeline
Moda transportasi pipeline adalah moda transportasi yang menggunakan pipa untuk proses perpindahan barangnya. Biasanya barang yang dikirim lewat mode transportasi pipeline adalah barang dalam bentuk cair atau barang dalam bentuk gas. Moda transportasi pengiriman barang jenis ini biasanya digunakan oleh pertamina.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Wikipedia

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇