Tipe-Tipe Diskontinyuitas Fungsi ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, October 10, 2017

Tipe-Tipe Diskontinyuitas Fungsi

Suatu fungsi disebut kontinyu apabila grafiknya terdiri dari kurve yang tidak terputus-putus. Jika syarat-syarat kontinuitas tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan diskontinyuitas. Pada umumnya diskontinyuitas ada tiga tipe atau jenis, diantaranya adalah :

  1. Suatu fungsi f(x) dikatakan mempunyai suatu diskontinyuitas tak terbatas (Infinite discontinuity) pada x = a. Jika f(x) menjadi tak terbatas baik secara positif maupun negatif ketika x → a. Artinya f(a) tak terdefinisikan dan lim x → a f(x) tak ada.
  2. Suatu fungsi f(x) dikatakan mempunyai suatu diskontinyuitas terbatas (Finite Discontinuity) pada x = a, jika f(x) tetap terbatas tetapi berubah secara mendadak pada x = a. Artinya f(a) terdefinisikan akan tetapi lim x → a f(x) tak ada. 
    (Meskipun pada umumnya, limit sebelah kiri dan sebelah kanan ada dan f(a) sama dengan salah satu limit tersebut)
  3. Suatu fungsi f(x) dikatakan mempunyai diskontinyuitas titik hilang (Missing-point discontinuity) pada x = a jika f(a) tak terdefinisikan akan tetapi lim x → a f(x) ada. 
Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. 

Akhir kata wassalamulaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika ekonomi dan bisnis (J. Supranto)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇