Operasi Hitung Pada Bilangan Jam ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, September 4, 2016

Operasi Hitung Pada Bilangan Jam

Hallo temen-temen??
Kali ini gue bakalan berbagi materi tentang Operasi Hitung Pada Bilangan Jam.

Tentunya kamu sudah memahami masalah perhitungan waktu (jam) dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perhitungan waktu, pukul 12.00 malam disebut juga pukul 24.00 (akhir hari) atau pukul 00.00 (awal hari).
Dalam pokok bahasa ini kamu akan mempelajari bagian lain dari pehitungan bilangan jam. Tetapi, sebelumnya perlu kamu ketahui ada sedikit perbedaan antara bilangan yang ada pada jam yang kita kenal dengan "bilangan jam" pada pokok bahasan ini. Misalnya jam dua belas terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11. Jadi pada "bilangan jam" dimulai dengan 0 (nol).

1. Pengertian Bilangan Jam Tujuhan dan Lambangnya.

Dibawah ini adalah gambar muka dari sebuah jam yang khusus, yaitu jam tujuhan.
Jarum jam pada jam tujuhan berputarnya searah dengan jarum jam biasa.
Pada jam tujuhan, hanya ada angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 atau untuk jam tujuhan kita bekerja pada himpunan A7 = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}

2. Pengertian Bilangan Jam Lainnya

Selain bilangan jam dua belasan yang umum kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, dan jam tujuhan di atas, kita pun akan membahas, atau dapat membuat sistem jam lainnya.
a. Jam Tigaan 
Perhatikan gambar dibawah yang menunjukan jam tigaan. Pada jam tigaan kita hanya menemukan angka 0, 1, dan 2, maka bilangan yang digunakan adalah 0, 1, dan 2. Jadi, untuk jam tigaan, kita bekerja pada himpunan A3 = {0, 1, 2}
b. Jam Limaan
Perhatikan gambar dibawah ini yang menunjukan jam limaan. Pada jam limaan hanya kita temukan angka 0, 1, 2, 3, dan 4, maka bilangan yang digunakan untuk jam limaan adalah 0, 1, 2, 3, dan 4, jadi, untuk jam limaan adalah 0, 1, 2, 3, dan 4. Jadi, untuk jam limaan kita bekerja pada himpunan A5 = {0,1,2,3,4}
c. Jam Dua Belasan
Perhatikan gambar dibawah yang menunjukan jam dua belasan. Pada jam dua belasan, terdapat angka 0, 1, 2,..., dan angka 11. Bilangan yang digunakan untuk jam dua belasan adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5,...., dan 11. Jadi untuk jam dua belasan, kita bekerja pada himpunan A12 = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11}.

2. Operasi Hitung Pada Bilangan Jam

a. Menentukan Hasil Penjumlahan Dua Bilangan jam

Dari gambar di atas tampak sistem jam tujuhan. Jika jam tersebut menunjukan angka 5, maka setelah 3 jam kemudian jam itu akan menunjukan angka berapa? Untuk mendapatkan jawabannya, bayangkan bahwa jarum jam menunjukan angka 5, kemudian bergerak 3 jam sesuai arah pada jam biasa atau ke kanan.
Setelah bergerak 3 jam, jarum itu akan menunjukan angka 1.
Jika pekerjaan atau operasi tersebut dinamakan "penjumlahan", maka hal di atas dapat kita tuliskan 5 + 3=1

b Menentukan Hasil Pengurangan Dua Bilangan Jam

Dari gambar jam tujuhan tadi, jika jam tersebut menunjukan angka 2, maka 3 jam sebelumnya jam itu akan menunjukan angka berapa ? Untuk mendapatkan jawabannya, bayangkan bahwa jarum jam menunjukan angka 2, kemudian bergerak 3 jam berlawanan arah putaran jarum jam biasa. Setelah bergerak 3 jam berlawanan arah putaran jarum jam, maka jarum jam itu akan menunjukan angka 6.
Jika pengerjaan atau operasi tersebut dinamakan "pengurangan", maka hal di atas dapat kita tuliskan 2 - 3 = 6
Untuk diingat bahwa operasi pengurangan merupakan operasi kebalikan (operasi invers) dari operasi penjumlahan.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalaha
Akhir kata wassalamualiakum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇