Cara Membuat Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, August 15, 2016

Cara Membuat Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian

Hallo guys!!!!!!! Gua ucapin assalamualaikum buat kalian semua. Gua disini bakalan tuangin apa yang ada di otak gue nih guys, atau istilah kerennya berbagi materi gitu ya guys :). Tapi sebelumnya perkenalkan nama gua Muahamad Pajar Sidik, Gua tinggal dan lahir di sukabumi guys, gua lulusan SMK Negeri dua kota sukabumi, hobi gua tuh ya kya gini nulis nulis artikel walaupun kagak dapet duit yaaaaa kan gua dapet amal yang soleh iya ngga????? :). Buat kalian yang baru ngunjungin blog gua slamat datang ya, kalo kalian liat blog gue di tampilan computer atau leptop, kalian bisa cari cari materi lain yang kalian butuhkan juga dengan mencari pada bagian kanan blog gua di situ ada materi-materi guys, lu bisa cari di situ. Atau lu bisa juga cari di search enggin blog gue guys. Nah lalu gmn kalo yang bukanya di hanphond atau smartphond??? Blog ini udah gua setting sedemikian rupa buat bisa mobile friendly, jadi buat yang buka artikel gua di blog itu bisa cari materi materi yang lubutuhi di bagian atas lu pilih dulu tombol yang sejajar di menu home lalu lu pilih daftar is, dan juga di bagian paling bawah gua tampilin juga search enggin buat kalian. Nah buat yang udah lama ngunjungin blog gua pasti lu udah tau mengenai tombol-tombol navagasi blog gua, so gua g usah jelasin lagi ama lu-lu pada :-P :-D.
Oke Kali ini gua bakalan berbagi materi tentang Cara Membuat Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian. Nah Temen-temen tau apa itu neraca saldo sebelum penyesuaian????? Ok deh bakalan gua jelasin. Pertama-tama gua bakalan jelasi apa itu neraca saldo :

Pengertian Neraca Saldo
Neraca saldo ialalah sebuah catatan yang berupa daftar yang berisi semua nama akun, no akun, berikut saldo akunya pula, yang disusun secara sistematis. Neraca saldo biasanya di sajikan dalam bentuk tabel. Neraca saldo merupakan lanjutan dari tahapan siklus akuntansi yaitu setelah posting buku besar. Nah begitu lah pengertiannya temen-temen. Nah lalu apa itu Neraca saldo sebelum penyesuaian????? Oh iyh hampir ajh gue lupa ngga ngejelasin :). Nah jadi neraca saldo sebelum penyesuaian itu adalah sebuah catatan yang berupa daftar yang berisi semua nama akun, no akun, berikut saldo akunya pula, yang disusun secara sistematis sebelum dilakukan penyesuaian. Nah tuh udah gua kasih tau tentang pengertiannya puash kan ???. Nah kalo pengertiannya seperti itu lalu apa guna atau fungsinya neraca saldo ????

Manfaat atau Fungsi Neraca Saldo
Mengapa prusahaan harus membut neraca saldo ???? Simple saja jawabanya. Karena dengan di buatnya neraca saldo itu akan memudahkan prusahaan untuk mengetahui atau mengecek berapa jumlah saldo-saldo akun, karena jika perusahaan mengecek ke buku besar dan dalam buku besar itu tidak hanya berisi saldo akun, maka pihak pihak yang mengecek akan sedikit merasa kesulitan dan bahkan memakan banyak waktu. Nah maka dari itu dibuatlah neraca saldo. Neraca saldo juga berfungsi atau bermanfaat buat tahapan siklus akuntansi yang selanjutnya guys, yaitu pada saat nanti membuat neraca lajur. pada saat membuat neraca lajur kita harus merekap dulu semua akun akun yang ada di buku besar, atau singkatnya dibuat neraca saldo lah ya guys. Nah itulah manfaatnya, jadi temen temen udah pada ngarti kan?? Klo udah pada ngerti yo gue lanjutin ke Cara Membuat Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian.

Ktika dulu gua disekolah dan gua disuruh bikin neraca saldo sebelum penyesuaian, itu ngga jadi masalah buat gua. Karena menurut gua materi ini gampang banget guys. Ouh iyh gua belom kasih contoh ya gmn neraca saldo itu, y udah deh ntar ajh sekalian lu bisa liat pas udah buat neraca saldonya. Ok jadi proses pembuatan neraca saldo ini tuh cuma mindahin saldo saldo aku yang ada di buku besar kesebuah daftar daftar akun. Nih begini nih prosesnya :
Ini buku besarnya dulu ya :
No. akun : 001
Nama Akun: kas
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.10,-
















No. akun : 002
Nama Akun: perlengkapan
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.2,-
















No. akun : 003
Nama Akun: Peralatan
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.5,-
















No. akun : 004
Nama Akun: Rumah
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.10,-
















No. akun : 201
Nama Akun: Hutang
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
-
Rp.10,-















No. akun : 301
Nama Akun: Modal
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
-
Rp.17,-















Neh kemudian dari buku-buku besar di atas bakalan gua bikin neraca saldonya guys :
Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian
No.  Akun
Nama Akun
Debet
Kredit
001
Kas
Rp.10,-

002
Perlengkapan
Rp  .2,-

003
Peralatan
Rp  .5,-

004
Gedung
Rp.10,-

201
Hutang

Rp.10,-
301
Modal

Rp.17,-
Total

Rp.27,-
Rp.27,-
Nah inilah neraca saldo yang saldo akunya gua ambil dari buku besar di atas. Jadi membuat neraca saldo itu ngga susah guys kalian cuman ngerekap ajh sebenernya. Buat lebih jelasnya lu perhatiin ajah warna perwarna di atas, itu warna buat ngejelasin perpindahannya guys.! Ouh iyh untuk total ya tinggal jumlahin ajah total semua nominal yang ada di kolom dan debet atau kredit. Untuk format neraca saldo pada umumnya di buat seperti yang udah gua contohin di atas ya gus. Jadi buat temen-temen yang baru belajar ikutin ajh tabelnya sama yang kaya gue bikin ya. 
Jadi kesimpulannya neraca saldo itu berisi semua daftar akun-akun perusahaan beserta saldonya pula. Dan neraca saldo itu adalah tahapan lanjutan dari siklus akuntansi setelah membuat posting buku besar.
Nah sekian dulu ya artikel dari gue, Buat lanjutan dari artikel ini adalah tentang jurnal penyesuaian, jadi tunggu ajh ya. Mohon maaf kalo ada salah salah kata di artikel ini.
Untuk menambah pemahaman saya sarankan juga baca langsung di link :
Akhir kata gua ucapin wassalamualaikum wr wb

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇