3 Macam Kalkulator Elektronik Yang Biasa Digunakan ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, December 26, 2017

3 Macam Kalkulator Elektronik Yang Biasa Digunakan

Menghitung adalah suatu hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ada orang yang menghitung bunga tabungan, menghitung laba penjualan, menghitung jumlah data, dan lain sebagainya.

Berkat kecanggihan tekhnologi, manusia tidak perlu menghitung dengan manual karena sudah tercipta mesin alat bantu menghitung yang bernama kalkulator. 

Ada 3 macam kalkulator yang biasa digunakan oleh manusia sebagai alat bantu hitung, diantaranya adalah :

1. Kalkulator Genggam

Kalkulator genggam adalah alat bantu hitung sederhana yang sering dipakai. Kalkulator ini biasanya hanya menampilkan beberapa operasi dasar saja. 

Kallulator ini biasa digunakan oleh para siswa atau siswi smk jurusan akuntansi, pedagang, dan lain sebagainnya. Dengan kalkulator ini para pengguna bisa dengan cepat melakukan perhitungan dengan mengetik angka demi angka dengan cepat. Kalkulator ini lebih leluasa untuk jari-jari anda, karana tombol-tombol pada kalkulator ini lumaya besar, sehingga memudahkan dan mempercepat proses pengetikan.

2. Kalkulator Ilmiah (Scientific Calculator)

Kalkulator ilmiah adalah jenis kalkulator elektronik. Kalkulator imliah dirancang untuk menghitung masalah dalam sains, teknik, dan matematika.

Kalkulator jenis ini tidak efektif jika hanya digunakan untuk menghitung perhitungan biasa saja. Kalkulator ilmiah ini lebih efektif jika digunakan untuk menghitung hal-hal yang khusus, seperti menghitung logaritma, menghitung sinus, cosinus, tangen, dan lain sebagainya. 

Kelemahan kalkulator ini adalah tombolnya yang aga kecil sehingga jari kita kurang leluasa untuk mengetik angka-angka. Kecepatan menghitungpun berkurang jika menggunakan kalkulator ilmiah ini. 

3. Printing kalkulator (Printing Calculator)

Printing kalkulator adalah mesin kalkulator yang sekaligus bisa memprinting hasil perhitungan yang diinginkan. 

Dengan adanya alat ini para pedagang sembako tidak harus lagi menulis rincian penjualan di sobekan kardus bekas rokok, staf kantor bisa membuat laporan insentif dengan mudah, dan lain sebagainya. 

Namun ada pula kelemahan printing kalkulator, ialah jika tinta dan kertas habis maka harus mengisi tinta dan harus membeli kertas untuk memprinting hasil tulisan kembali, sehingga di perlukan biaya akan hal tersebut.

Gimana, kalkulator manakah yang cocok untuk anda ???

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Akhir kata wassalamyalaikum wr. wb.

Referensi :
  • Google 

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇