Masalah Yang Timbul Di Divisi EDKP ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, November 5, 2017

Masalah Yang Timbul Di Divisi EDKP

Sebelumnya teman-teman semua tau apa itu EDKP ?

EDKP adalah kepanjangan dari Entri Data Kiriman Pelanggan, untuk lebih jelasnya tentang EDKP bisa dilihat di link Entry Daya Kiriman Pelanggan.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi di bagian divisi EDKP. Kesalahan tersebut biasanya dilakukan oleh User Entry atau bisa juga dilakukan oleh Staff staples. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahannya :

A. Kesalahan Pada User Entri
Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh user entry diantaranya adalah :

1. Terjadi Kesalahan Nomor TT
Nomor TT adalah nomor tanda terima. Biasanya jika user entry tidak teliti dalam menginput nomor TT, maka kesalahan penulisan atau tertinggalnya beberapa no TT bisa terjadi.

2. Terjadi Kesalahan Nomor Conos
Conos atau connosement adalah suatu bukti transaksi dari kiriman paket tersebut. Lagi-lagi jika user entry kurang teliti maka sudah pasti akan terjadi kesalah pada penginputan no conosement.

3. Terjadi Kesalahan Nama Yang Di Tuju
Penginputan data berupa nama pun sangat penting dalam EDKP, misalnya nama yang harusnya kita input Bari kemudian user entry salah menginput menjadi sari, maka sudah pasti akan terjadi kesalahan penerimaan barang nantinya.

4. Terjadi kesalahan Alamat Dituju
Hal yang paling penting dalam bisinis pengiriman adalah kebenaran dalam panulisan alamat, jika salah saja sedikit maka akan berdampak fatal pada kiriman pelanggan.

5. Terjadi kesalahan Service Kiriman
Jika user entry menginput data jenis kiriman misalnya Top Urgent tapi malah salah input menjadi Normal, maka sudah pasti kiriman pelanggan akan sampai dalam batas waktu yang normal. Maka perusahaan lah yang akan kena serangan kemarahan dari pelanggan.

6. Salah Customer
Kesalahan penginputan nama customer bisa saja terjadi dan efek buruk yang paling bahaya adalah akan mempengaruhi data base, serta catatan dalam system DMS.

7. Salah Jenis Kiriman
Jika user entry salah menuliskan jenis kiriman, yang seharusnya kiriman tersebut masuk kedalam jenis paket, tapi malah dimasukan ke dalam jenis dokumen, maka perusahaan akan merugi, karena harga pengiriman paket lebih mahal dari pada harga pengiriman dokumen.

B. Kesalahan Pada Staff Staples
Berikut ini adalah kesalahan yang mungkin di lakukan oleh staff stapless diantaranya adalah :

1. Salah Staples
Jika staff stapless salah mensteples, maka kacau lah sudah. Misalkan connot untuk paket A malah di staples pada paket B, maka sudah pasti akan terjadi kekeliruan pada proses berikutnya.

2. Service Kiriman Yang tidak di stample
Penstampelan kiriman penting dilakukan, karena akan berpengaruh terhadap ke absahan dari kiriman tersebut. Misalnya kiriman TOP URGENT, kiriman TOP URGENT harus distample karena biaya untuk service jenis ini pun biayanya mahal, sehingga diperlukan stample sebagai penanda.

Sekian artikel kali ini. Mohon Maaf Apabila ada salah salah Kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :
  • Pengalaman Magang Divisi EDKP (Muhamad Pajar Sidik)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇