Surat Muatan Udara (Airway bill) ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, October 4, 2017

Surat Muatan Udara (Airway bill)

Pengertian Surat Muatan Udara

Surat muatan udara atau airway bill atau consignment note adalah tanda terima yang dikeluarkan oleh sebuah maskapai penerbangan internasional untuk barang dan bukti kontrak pengangkutan.
Air waybills memiliki sebelas digit angka yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan, mengecek status pengiriman, dan posisi pengiriman saat ini.

Air waybills dikeluarkan dalam 8 set warna yang berbeda. Tiga salinan pertama diklasifikasikan sebagai dokumen asli.

Warna asli pertama berwarna hijau adalah salinan Issuing Carrier.
Yang kedua, berwarna pink, adalah Copy dari Consignee.
Yang ketiga, berwarna biru, adalah salinan Pengirim.
Salinan coklat keempat bertindak sebagai Tanda Terima Pengiriman, atau bukti pengiriman.
Tiga salinan lainnya berwarna putih.

Format Surat Muatan Udara

Format waybill udara telah dirancang oleh IATA dan ini dapat digunakan untuk transportasi domestik maupun internasional. Ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu. logo maskapai penerbangan dilengkapi waybill udara dan waybill udara netral. Biasanya, waybill udara maskapai didistribusikan ke agen kargo IATA oleh maskapai penerbangan IATA.
Format SMU :
nama pembawa
alamat kantor pusatnya
Logo nya
nomor terusan udara tercetak nomor sebelas digit Hal ini juga memungkinkan untuk menyelesaikan waybill udara melalui sistem komputerisasi. Agen-agen di seluruh dunia sekarang menggunakan sistem komputer in-house mereka sendiri untuk mengeluarkan busana udara maskapai penerbangan dan pengirim barang sendiri. Agen kargo IATA biasanya menampung waybills udara dari beberapa operator. Namun, secara bertahap menjadi sulit untuk mengakomodasi waybills udara pra-bernomor ini dengan identifikasi cetak di sistem komputer. Oleh karena itu waybill udara netral diciptakan. Kedua jenis waybills udara memiliki format dan tata letak yang sama. Namun, waybill udara netral tidak mengandung nama individu, alamat kantor pusat, logo dan nomor seri pra cetak.

Fungsi Surat Muatan Udara

Fungsi utama dari tagihan jalan nafas adalah:

Kontrak Pengangkutan
Dibalik setiap asli Air Waybill adalah kondisi kontrak untuk pengangkutan.

Bukti Penerimaan Barang
Saat pengirim mengantarkan barang untuk diteruskan, dia akan mendapat tanda terima. Tanda terima adalah bukti bahwa pengiriman diserahkan dalam keadaan baik dan kondisinya dan juga bahwa instruksi pengiriman, sebagaimana tercantum dalam Letter of Instructions, dapat diterima. Setelah selesai, salinan asli waybill udara diberikan kepada pengirim sebagai bukti penerimaan barang dan sebagai bukti kontrak pengangkutan.

Bill Pengangkutan
The waybill udara dapat digunakan sebagai tagihan atau faktur bersama dengan dokumen pendukung karena dapat mengindikasikan biaya yang harus dibayar oleh penerima barang, biaya karena agen atau pengangkut.

Salinan asli waybill udara digunakan untuk akuntansi pembawa Sertifikat Asuransi
The waybill udara juga dapat berfungsi sebagai bukti jika pembawa berada dalam posisi untuk menjamin pengiriman dan diminta untuk melakukannya oleh pengirim.

Deklarasi Bea Cukai
Meskipun otoritas bea cukai memerlukan berbagai dokumen seperti faktur komersial, daftar pengepakan, dll., Waybill udara juga merupakan bukti jumlah pengangkutan yang ditagihkan untuk barang yang dibawa dan mungkin perlu diajukan untuk bea cukai.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Wikipedia

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇