Pentingnya Rancang Fasilitas ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, October 30, 2017

Pentingnya Rancang Fasilitas

Aliran barang adalah tulang puggung dari fasilitas produksi. Aliran barang harus dirancang dengan cermat dan tidak boleh dibiarkan tumbuh menjadi satu pola lalulintas yang membingungkan. Konsep ini dapat di ringkat sebagai berikut :
  • Suatu perencanaan efesien bagi aliran barang adalah persyaratan bagi produksi yang ekonomis.
  • Pola aliran barang menjadi dasar bagi penyusunan fasilitas fisik yang efektif.
  • Pemindahan barang merubah pola aliran statis ke dalam satu kenyataan cergas, memberikan cara bagaimana barang dipisahkan.
  • Susunan fasilitas yang sangkil di sekitar pola aliran barang dapat menghasilkan pelaksanaan berbagai proses yang berkaitan secara efisien.
  • Penyelesaian proses yang sangkil dapat meminimumkkan biaya produksi.
  • Biaya produksi minimum dapat memberikan keuntungan maksimum.
Oleh karena itu, pola aliran baranglah yang menjadi dasar bagi rancangan seluruh pabrik, sebagaimana halnya juga bagi keberhasilan perusahaan tersebut meski seringkali dijumpai kurangnya penekanan pada penentuan rancangan paling sangkil bagi aliran barang sepanjang fasilitas produksi.

Rancang fasilitas dilakukan lebih dahulu sebelum membangun suatu pabrik. Seseorang tidak akan membangun satu ruang bagi sebuah rumah, yang kemudian setelah itu berusaha menyesuaikan dengannya semua barang yang perlu bagi sebuah rumah yang nyaman, namun dapat di pastikan seseorang sudah merencanakan mengenai tata letak rumahnya sebelum dibangunya rumah tersebut.

Tidak ada satu orang pun yang membangun rumah tanpa melakukan rancang fasilitas akan rumah tersebut. Setiap orang pasti melakukan pengkajian rancang fasilitas dan kemudian mengembangkan suatu rancangan bagi fasilitas tersebut.

Rancang fasilitas akan menentukan aliran barang yang diinginkan, susunan fasilitas fisik yang paling ekonimis, dan akan berlaku sebagai dasar bagi rancangan bangunan. Tentu saja arsitek seyogyanya dihubungi pada tahapan awal perencanaan untuk memperoleh saran pada pembangunan pabrik secara menyeluruh, tetapi pekerjaan rancangannya harus mengikuti rancangan rekayasawan tataletak pabrik.

Sekian artikil kali ini, ikuti terus artikel terbaru kami setiap harinya karena kami akan memposting artikel yang berkaitan atau artikel yang menjadi terusan dari artikel yang sebelumnya telah diposting.

Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Saran, pesan, atau komentar kami tunggu untuk perbaikan blog kami kedepannya.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :
  • Tataletak pabrik dan pemindahan bahan (James M. Apple)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇