Manfaat Kalkulus Dalam Dunia Nyata ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, October 14, 2017

Manfaat Kalkulus Dalam Dunia Nyata

Salah satu cabang matematika terdepan adalah kalkulus. Studi formal kalkulus dimulai dari abad ke-17 oleh para ilmuwan dan matematikawan terkenal seperti Isaac Newton dan Gottfried Leibniz, walaupun mungkin saja itu telah digunakan sejak zaman Yunani. Ini adalah disiplin matematika yang terutama berkaitan dengan fungsi, batasan, derivatif, dan integral hanya untuk beberapa nama. Disiplin ini memiliki warisan yang unik sepanjang sejarah matematika. Meskipun terbagi antara 2 definisi Newton dan Leibniz, namun masih mampu menciptakan sistem matematika baru dan digunakan dalam berbagai aplikasi.

Meskipun rumit untuk digunakan dengan baik, kalkulus memang memiliki banyak kegunaan praktis penggunaan yang mungkin tidak akan Anda pahami pada awalnya. Penggunaan kalkulus praktis yang paling umum adalah saat merencanakan grafik formula atau fungsi tertentu. Dengan menggunakan metode seperti derivatif pertama dan turunan kedua, grafik dan dimensinya dapat diperkirakan secara akurat. 2 derivatif ini digunakan untuk memprediksi bagaimana suatu grafik terlihat, arah pengambilannya pada titik tertentu, bentuk grafik pada titik tertentu (jika cekung atau cembung), hanya untuk beberapa nama saja.

Kapan kita menggunakan kalkulus dalam dunia nyata ? 
Sebenarnya, kita bisa menggunakan kalkulus dengan banyak cara dan aplikasi. Di antaranya disiplin ilmu yang memanfaatkan kalkulus meliputi fisika, kimia, biologi, ekonomi dan lain sebagainya. Hal ini digunakan untuk membuat model matematis agar bisa sampai pada solusi optimal.


Sebagai contoh, dalam fisika, kalkulus digunakan dalam banyak konsepnya. Di antara konsep fisik yang menggunakan konsep kalkulus meliputi gerak, listrik, panas, cahaya, harmonisa, akustik, astronomi, dan dinamika. Bahkan, bahkan konsep fisika lanjutan termasuk elektromagnetisme dan teori relativitas Einstein menggunakan kalkulus.

Di bidang kimia, kalkulus dapat digunakan untuk memprediksi fungsi seperti laju reaksi dan peluruhan radioaktif.

Dalam biologi, digunakan untuk merumuskan tarif seperti tingkat kelahiran dan kematian.

Di bidang ekonomi, kalkulus digunakan untuk menghitung biaya marjinal dan pendapatan marjinal, yang memungkinkan para ekonom untuk memperkirakan keuntungan maksimum dalam setting tertentu.

Seperti yang bisa Anda lihat, kalkulus memiliki peran besar di dunia nyata. Bagi sebagian besar profesi, belajar itu adalah kunci kesuksesan. Jadi, ini sebabnya Anda tidak boleh mengabaikan kalkulus sebagai gangguan dalam belajar.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah salah kata. Akhir kata wassalamualaikum wr. Wb.

Referensi :

  • www.teach-nology.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇