Tujuan Akuntansi Pemerintahan dan Pelaporan Keungannya ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, June 8, 2017

Tujuan Akuntansi Pemerintahan dan Pelaporan Keungannya

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Tujuan Akuntansi Pemerintahan dan Pelaporan Keungannya, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out.
Menurut triple A (American Accounting Association), tujuan akuntansi untuk setiap bentuk organisasi adalah menyediakan informasi bagi :
  • Pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya yang terbatas, termasuk pengidentifikasian terhadap berbagai keputusan penting dan penentuan sasaran serta tujuan organisasi;
  • Pengarahan dan pengendalian sumber daya manusia dan bahan baku secara efektif;
  • Pengurusan dan pelaporan penyimapanan berbagai sumber daya;
  • Pemberian kontribusi agar dapat tercapai efektivitas organisasi, baik untuk organisasi yang berorientasi laba maupun yang tidak, dalam rangka memenuhi kebutuhan serta permintaan seluruh masyarakat untuk tujuan pengendalian sosial fungsi-fungsi mereka.

Dalam SFAC No. 4 (Statement of Financial Accouteng Concepts No.4) dinyatakan bahwa tujuan pelaporan keuangan untuk organisasi-organisasi non business adalah untuk dapat menyediaka informasi yang akan berguna untuk menyajikan dan menyediakan berbagai informasi yang potensial kepada para pemakai informasi lainnya di dalam :
  • Pembuatan keputusan secara rasional mengenai alokasi berbagai sumber daya yang dimiliki oleh organisasi;
  • Penentuan jumlah jasa yang dapat disediakan oleh NFPO dan kemampuannya untuk melanjutkan penyediaan jasa-jasa tersebut;
  • Penentuan mengenai bagaimana menilai tanggung jawab para manajer NFPO dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan prestasinya.
Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • PDF Akuntansi Pemerintahan (DODY HAPSORO)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇