Pengertian Apropriasi (Anggaran Belanja) ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, June 15, 2017

Pengertian Apropriasi (Anggaran Belanja)

Secara sederhana apropriasi diartikan sebagai anggaran belanja. Untuk lebih memahami pengertian apropriasi, maka pengertian apropriasi tidak lepas dari pengertian-pengertian mengenai :
  • Expenditures
  • Encumbrances
  • Expanses

Istilah-istilah tersebut saling terkait satu sama lain. Oleh karena itu, pada bagian berikut ini akan diuraikan mengenai pengertian masing-masing istilah tersebut.

Expenditures

Pengeluaran untuk suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu unit pemerintah harus dicatat di dalam general fund sebagai expenditures. Dalam pengertian yang lajim, expenditures lebih cepat diartikan sebagai belanja. Dalam akuntansi pemerintahan, rekening pendapatan sesungguhnya sering menggunakan istilah revenues, sedangkan rekening belanja sering menggunakan expenditures.

Encumbrances

Encumbrances digunakan untuk mencatat rekening yang berkaitan dengan pengaitan. Atau lebih tepatnya jumlah pengaitan yang telah disetujui dan akan dicatat dengan cara mendebet encumbrances. Sebaliknya pada sisi sebelah kredit pada saat yang bersamaan akan dicatat dengan mengkredit reserve of encumbrances.

Expenses

Expenses digunakan untuk mencatat rekening yang berkaitan dengan biaya. atau lebih tepatnya, jumlah biaya yang sesungguhnya akan dicatat dengan mendebet expenses.

Appropriations

Appropriation digunakan untuk mencatat rekening yang berkaitan dengan penganggaran belanja. Atau lebih tepatnya jumlah belanja yang dianggarkan dan akan dicatat dengan cara mengkredit appropriations.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • PDF Buku Akuntansi Pemerintahan (DoDY HAPSORO)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇