Transaksi yang Mengakibatkan Terjadinya Mutasi Dana Kas Kecil ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, April 9, 2017

Transaksi yang Mengakibatkan Terjadinya Mutasi Dana Kas Kecil

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Transaksi yang Mengakibatkan Terjadinya Mutasi Dana Kas Kecil , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Ada beberapa transaksi yang dapat mengakibatkan terjadinya mutasi dan kas kecil, diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Transaksi pembentukan dana kas kecil sebesar jumlah menurut keputusan kepala bagian keuangan

Berikut ini dokumen transaksinya :
  • Bukti pengeluaran kas yang dibuat oleh bagian utang,
  • Surat keputusan kepala bagian keuangan sebagai dokumen pendukung.

B. Transaksi pemakaian dana kas kecil melalui bagian-bagian pemakaian dana

Berikut ini dokumen transaksinya :
  • Bukti pengeluaran kas kecil yang dibuat bagian-bagian pemakai dana,
  • Bukti penggunaan dana seperti nota kontan dan kuitansi yang dibuat  pihak luar sebagai dokumen pendukung.
  • Surat permintaan pengeluaran dana kas kecil yang dibuat bagian-bagian pemakai sebagai dokumen pendukung.

C. Transaksi pengisian kembali dana kas kecil

Berikut ini dokumen transaksinya :
  • Bukti pengeluaran kas yang dibuat bagian utang
  • Surat permintaan pengisian kembali dana kas kecil sebagai dokumen pendukung yang dibuat oleh pemegang dana kas kecil
  • Bukti pengeluaran kas kecil sebagai dokumen pendukung yang dibuat oleh bagian-bagian pemakai dana kas kecil.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhit kata wassalamuaaikum wr. wb.
Referensi :
  • Modul Akuntansi 2A untuk SMK dan MAK (Dwi Harti)
Baca juga artikel terkait :
 

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇