Menghitung Data Mutasi Piutang ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, April 17, 2017

Menghitung Data Mutasi Piutang

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Menghitung Data Mutasi Piutang , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Dalam akuntansi untuk menghitung mutasi piutang yaitu dengan cara dikreditkan atau didebetkan sehingga nanti akan timbul penjumlahan saldo ataupun pengurangan saldo piutang.

Transaksi penjualan kredit akan berpengaruh positif terhadap saldo piutang, sedangkan retur penjualan, pelunasan piutang, dan penghapusan piutang berpengaruh negatif terhadap saldo piutang.

Piutang pelanggan akan didebet di kolom mutasi pada kartu piutang jika terjadi transaksi-transaksi yang menyebabkan bertambahnya piutang. Begitupun sebaliknya, piutang pelanggan akan dikredit di kolom mutasi pada kartu piutang apabila terjadi transaksi-transaksi yang menyebabkan berkurangnya piutang. Untuk saldo normal piutang ada disebelah debet.

Transaksi-transaksi yang Berkaitan dengan Perubahan Piutang

Berikut ini tabel transaksi-transaksi yang berkaitan dengan perubahan piutang :

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabiala ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Modul akuntansi 2A untuk SMK dan MAK (Dwi Harti)
Saya sarankan baca juga artikel :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇