Macam-Macam Alat Ukur Panjang ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, April 8, 2017

Macam-Macam Alat Ukur Panjang

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Macam-Macam Alat Ukur Panjang, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Pada jaman dahulu kala jika seseorang ingin mengetahuin panjang suatu benda mengurnya dengan cara menjengkali barang tersebut, melangkahi benda tersebut, atau apun itu mengukurnya tanpa alat bantu.

Namun sangat beda sekali pada jaman sekarang apalagi setelah abad 19, alat bantu untuk mengukur sangat lah banyak. Khususnya untuk mengukur panjang suatu benda, berikut ini alat-alatnya :

1. Penggaris

Penggaris adalah alat ukur panjang yang berbentuk sebuah bangun datar. Alat ini sering sekali kita gunakan ktika di sekolah. Ketelitian dari penggaris yaitu 0,5 mm.

Cara pakai penggaris :

Pada saat menggunakan penggaris, arah pandang harus tegak lurus dengan skala pada penggaris dan benda yang di ukut.

2. Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai 1/100 milimeter. Jangka sorong terdiri dari dua bagian yaitu :
  • Bagian diam
  • Bagian bergerak

Kegunaan jangka sorong

Kegunaan jangka sorong adalah :
  • untuk mengukur suat benda dari sisi luar dengan cara diapit
  • untuk mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang dengan cara diulur
  • untuk mengukur kedalaman suatu lubang pada suatu benda.

3. Mikrometer

Mikrometer adalah sebuah alat ukur yang dapat melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian sampai 0,01 mm.

Mikro meter secara luas digunakan di dalam bidang teknik mesin electro yaitu untuk mengukur ketebalan secara tepat dari blok-blok, luas, dan garis tengah kerendahan dan batang-batang slot.

Jenis-jenis mikrometer

  • Mikrometer luar
  • Mikrometer dalam
  • Mikrometer kedalaman

4 Laser Rangefinder

Laser rangefinder adalah sebuah perangkat yang menggunakan sinar laser untuk menentukan jarak ke objek. Bentuk yang paling umum dari pengintai laser beroperasi pada waktu prinsip penerbangan dengan mengirimkan pulsa laser sinar sempit menuju objek dan mengukur waktu yang dibutuhkan oleh pulsa yang akan terpantul target dan dikembalikan ke pengirim.

Karena kecepatan tinggi cahaya, teknik ini tidak sesuai untuk pengukuran presisi tinggi sub-milimeter, di mana triangulasi dan teknik lain yang sering digunakan

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Wikipedia.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇