Saldo Normal Akun ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, February 1, 2017

Saldo Normal Akun

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Saldo Normal Akun, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Saldo Normal Akun

Sisi kiri dari semua akun merupakan sisi debit dan sisi kanan semua akun merupakan sisi kredit.

Transaksi debit dapat berupa peningkatan maupun penurunan, tergantung pada jenis akun yang dipengaruhi. Begitu pula dengan transaksi kredit dapat berupa peningkatan maupun penurunan.

Saldo Normal Aset

Untuk setiap akun, jumlah saldo yang terjadi pada setiap akhir periode akuntansi akan selalu dihitung. Pada konisi normal, akun aset saldonya berada di sisi debit lebih besar dari pada jumlah sisi kredit. Maka dari itu, dikatakan bahwa akun aset memiliki saldo normal di sebelah debet.

Saldo Normal Kewajiban dan Ekuitas

Sedangkan pada akun kewajiban dan ekuitas, pada kondisi normal jumlahnya sisi kreditnya akan lebih besar dari pada sisi debitnya di akhir periode akuntansi, Sehingga dapat dikatakan bahwa akun kewajiban dan ekuitas memiliki saldo normal disebelah kredit.

Saldo Normal Pendapatan dan Beban


Saldo Normal Pendapatan

Pendapatan akan menambah harta pada sebuah prusahaan. Namun pada akun rill pencatatan pendapatan dicatat di sebelah kredit dengan alasan "jika kita mendapatakan pendatan pasti kita akan menerima uang, ktika kita menerima uang pasti kita akan mencatat akun uang di sebelah debit dan sebagai penyeimbangnya mencatat pendapatan di sebelah kredit". Maka dari itu saldo normal dari akun pendapatan adalah di sebelah kredit.

Saldo Normal Beban

Jika saldo normal akun pendapatan berada di sebelah kredit, maka sudah pasti saldo akun beban berada di sebelah debet dengan alasan jika "persahaan mengeluarkan beban maka sudah pasti prusahaan akan mengeluarkan uang untuk beban tersebut. Ktika prusahaan mengeluarkan uang untuk sebuah beban sudah pasti prusahaan mencatat uang disebelah kredit dan untuk penyeimbangnya beban di sebelah debit". Maka dari itu saldo normal akun beban berada di sebelah debit.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat aturan pendebitan dan pengkreditan saldo normal tiap akun dibwah ini :

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku BSE Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Untuk SMK (Umi Muawanah, dkk.)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇