Pihak-Pihak Pengguna Informasi Akuntansi ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, February 7, 2017

Pihak-Pihak Pengguna Informasi Akuntansi

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Pihak-Pihak Pengguna Informasi Akuntansi, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Pihak-Pihak Pengguna Informasi Akuntansi

Pihak-Pihak Pengguna Informasi Akuntansi

Pihak-pihak pengguna informasi akuntansi menggunakan informasi akuntansi untuk mengambil keputusan.

Sebagai suatu sistem informasi, Akuntansi sangatlah diperlukan baik oleh pihak intern prusahaan, maupun dari pihak extern prusahaan.

Pihak-pihak pengguna informasi akuntansi diantaranya adalah :

1. Manajer

Seorang manajer prusahaan memerlukan informasi akuntansi untuk :
  • Penyusunan perencanaan prusahaan
  • Pengevaluasi kemajuan yang dicapai prusahaan
  • Melakukan tindakan koreksi yang diperlukan.

2. Investor

Para investor sangat memerlukan data akuntansi untuk menganalisis perkembangan organisasi yang bersangkutan. Investor telah melakukan penanaman modal pada suatu usaha, dengann tujuan mendapatkan hasil

3. Kreditor

Kreditor berkepentingan dengan data akuntansi, karena kreditor berkepentingan untuk pemberian kredit kepada calon nasabahnya. Nasabah yang dipilih kreditor adalah nasabah yang mampu mengembalikan pokok pinjaman beserta bunganya pada waktu yang tepat. Oleh karena kreditor sangatlah berkepentingan dengan laporan keuangan calon nasabah dan para nasabahnya.

4. Instansi Pemerintah

Instansi  pemerintah sangat berkepentingan dengan informasi akuntansi. Dari informasi keuangan suatu organisasi, pemerintah akan dapat menetapkan besarnya pajak yang harus di bayar oleh organisasi yang bersangkutan.

5. Organisasi Nirlaba

Organisasi nirlaba adalah organisasi yang tidak bertujuan untuk mencari laba, organisasi ini masih sangat memerlukan informasi keuangan untuk menyusun anggaran, membayar gajih karyawan dan membayar beban-beban lainnya.

6. Pemakai lainnya

Informasi akuntansi juga diperlukan oleh organisasi lainnya seperti organisasi buruh, yang memerlukan informasi akuntansi untuk mengajukan kenaikan gaji, tunjangan-tunjangan, dan mengetahui kemajuan prusahaan dimana mereka bekerja.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku BSE Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Untuk SMK Jilid 1 (Umi Muawanah, dkk.)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇