Penjelasan Kolom-Kolom Neraca lajur ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, February 4, 2017

Penjelasan Kolom-Kolom Neraca lajur

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Penjelasan Kolom-Kolom Neraca lajur, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Penjelasan Kolom-Kolom Neraca lajur

Penjelasan Kolom-Kolom Neraca lajur

Ada 14 kolom neraca lajur, dan isinya meliputi :

Kolom ke-1

Berisikan nomor akun

Kolom ke-2

Berisikan nama akun

Kolom ke-3 dan ke-4

merupakan kolom neraca saldo yang berisi saldo-saldo akun yang belum disesuaikan.

Kolom ke-5 dan ke-6

merupakan kolom yang berisi data penyesuaian. Kolom debit dan kredit dalam data penyesuaian bermanfaat untuk mengkaji ulang neraca lajur tersebut sekaligus untuk mengidentifikasi ayat jurnal penyesuaian yang perlu dicatat di dalam jurnal.

Kolom ke-7 dan ke-8

Merupakan kolom yang neraca saldo akun setelah disesuaikan. Kolom ini berasal dari penjumlahan (pengurangan) angka-angka di neraca saldo dengan angka-angka penyesuaian.

Kolom ke-9 dan ke-10

Merupakan kolom yang berisi laporan laba rugi. Kolom laba rubu berisi jumlah-jumlah pendapatan dan beban yang dipindahkan dari neraca saldo setelah disesuaikan.

Kolom ke-11 dan ke-12

Merupakan kolom yang berisi laporan perubahan equitas. Dalam kolom ini saldo akun modal dan penarikan prive dimasukkan untuk menghitung perubahan ekuitas yang terjadi pada periode tersebut.

Kolom ke-13 dan ke-14

Merupakan kolom yang berisi neraca. Kolom ini berisi pindahan jumlah aset dan kewajiban yang barasal dari neraca saldo setelah disesuaikan termasuk pindahan ekuitas dari kolom laporan perubahan ekuitas.

Selain 14 kolom tersebut, neraca lajur juga harus dilengkapi informasi mengenai nama-nama prusahaan, neraca lajur, dan periode pembuatan neraca lajur yang diletakan di bagian atas tengah.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamaualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku BSE Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Jilid 1 (Umi Muawanah, dkk.)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇