Pencatatan Investasi Jangka Pendek (Investasi Lancar) ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, February 4, 2017

Pencatatan Investasi Jangka Pendek (Investasi Lancar)

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Pencatatan Investasi Jangka Pendek (Investasi Lancar), Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Pencatatan Investasi Jangka Pendek (Investasi Lancar)

Pengertian Investasi Jangka Pendek (Investasi Lancar)
Investasi jangka pendek adalah investasi yang dapat segera dicairkan dan dimaksudkan untuk dimiliki selama satu tahun atau kurang.

Pencatatan yang berhubungan dengan investasi ada tiga, diantaranya adalah :
  1. Pencatatan pada saat perolehan investasi
  2. Pencatatan pada saat perolehan pendapatan dari investasi
  3. Pencatatan pada saat pelepasan investasi

Contoh pencatatan pada investasi saham :

1. Pencatatan pada saat perolehan investasi saham

Surat berharga yang dibeli sebagai investasi jangka pendek akan didebit pada akun surat berharga dengan nilai sebesar biaya perolehannya. Biaya perolehan adalah harga beli ditambah semua biaya pembelian misalnya biaya komisi, provisi, materai. Contoh, PT Pajar Sidik pada tanggal 18 Agustus 2007 membeli saham PT. Anggia 200 lembar nominal Rp. 1.000,- dengan harga Rp.15.000,- per lembar. Biaya yang berkaitan dengan pembelian adalah Rp.250.000,-. Maka Pencatatan yang dilakukan oleh PT.Pajar Sidik adalah :

2. Pencatatan pada saat perolehan pendapatan dari investasi saham

Sedangkan pendapatan yang diperoleh dari investasi dalam surat berharga akan dicatat sebagai pendapatan lain-lain atau pendapatan diluar operasi. Contoh, jika pada tanggal 31 Agustus 2007 PT. Pajar Sidik menerima pembayaran deviden dari PT. Anggia sebesar Rp. 500,- per lembar, maka pencatatannya dilakukan sebagai berikut :

3. Pelepasan Investasi

Sesuai dengan tujuan investasi, investasi jangka pendek ini dipegang dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, untuk dijual kembali atau dilepas. Pelepasan investasi jangka pendek bisa menimbulkan keuntungan atau kerugian. Keuntungan atau kerugian akan dicatat sebagai pendapatan lain-lain atau kerugian lain-lain. Contoh jika pada tanggal 20 September 2007 PT. Anggia menjual investasi dalam PT. Matahari dengan harga jual Rp. 17.500,- perlembar, maka pencatatan yang dilakukan adalah :

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku BSE Konsep Dsar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan untuk SMK Jilid 3 (Umi Muawanah, dkk.)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇