Macam-Macam Bentuk Jurnal ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, February 9, 2017

Macam-Macam Bentuk Jurnal

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Macam-Macam Bentuk Jurnal, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Macam-Macam Bentuk Jurnal

Macam-Macam Bentuk Jurnal

Ada 5 maca bentuk jurnal diantaranya adalah :
  1. Jurnal Umum
  2. Jurnal Khusus
  3. Jurnal Penyesuaian
  4. Jurnal Penutup
  5. Jurnal Pembalik

1. Jurnal Umum

Jurnal umum adalah jurnal standar untuk transaksi secara umum. Jurnal ini dapat disebut juga sebagai jurnal memorial.

2. Jurnal Khusus

Jurnal khusus adalah jurnal yang dibuat khusus untuk transaksi yang sering terjadi.
Ada beberapa jurnal khusus diantaranya adalah :
  1. Jurnal Penerimaan kas
  2. Jurnal Pengeluaran kas
  3. Jurnal Khusus Penjualan
  4. Jurnal Khusus Pembelian

3. Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan saldo akun yang belum tepat, seperti saldo pos akrual dan deferal.

4. Jurnal Penutup

Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir period untuk menutup atau membuat saldo menjadi nol atas akun pendapatan, akun beban akun laba/rugi, prive dan sebagainya. Akun-akun yang memerlukan jurnal penutup adalah akun-akun yang termasuk dalam kelompok akun laba/rugi.

5. Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik adalah jurnal yang dibuat pada awal periode untuk membalik jurnal penyesuaian tertentu.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku BSE Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Untuk SMK Jilid 1 (Umi Muawanah, dkk.)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇