Rumus Simpangan Baku ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, January 21, 2017

Rumus Simpangan Baku

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Simpangan Baku, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Rumus Simpangan Baku

Rumus Simpangan Baku

Barangkali ukuran simpangan yang paling banyak digunakan adalah simpangan baku, karena mempunyai sifat-sifat matematik (mathematical property) yang sangat penting dan berguna untuk pembahasan teori dan analisis statistik selanjutnya.

Simpangan baku dapat dirumuskan sebagai berikut :

s = √1/n ∑ (xi - x)2

Keterangan :
s = Simpangan baku
xi = Data yang ke-i
x = Rata-rata
n = Banyaknya data

Contoh :

Tentukan simpangan baku dari data : 6, 4, 8, 10, 11, 10, 7 !!

Jawaban :
n = 7
x = (6 + 4 + 8 + 10 + 11 + 10 + 7)/7
x = 8

Maka simpangan bakunya adalah :
s = √1/n ∑ (xi - x)2
s = √1/7 (6 - 8)2 + (4 - 8)2 + (8 - 8)2 + (10 - 8)2 + (11 - 8)2 + (10 - 8)2 + (7 - 8)2
s = √1/7 (4 + 16 + 0 + 4 + 9 + 4 + 1)
s = √1/7 (38)
s = √5,43
s = 2,33

Jadi simpangan bakunya adalah 2,33

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjuala dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇