Rumus Rata-rata Simpangan ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, January 21, 2017

Rumus Rata-rata Simpangan

Hallo temen-temen???Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Rata-rata Simpangan, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Rumus Rata-rata Simpangan

Rumus Rata-rata Simpangan

Untuk sekumpulan data x1, x2, x3, ..., xn yang mempunyai rata-rata x dan nilai mutlak simpangan tiap data | x1 - x |, | x2 - x |, | x3 - x |, ... , | xn - x | dijumlahkan kemudian dibagi dengan banyaknya data maka diperoleh rata-rata simpangan yang dirumuskan sebagai berikut :

RS = 1/n ∑ | xi - x |

Keterangan :
xi = Data yang ke-i
x = Rata-rata
n = banyaknya data

Contoh :

Tentukan rata-rata simpangan data 6, 4, 8, 10, 11, 10, 7 !

Jawaban :
x = (6 + 4 + 8 + 10 + 11 + 10 + 7)/7
x = 8
n = 7

Maka simpangan rata-ratanya adalah :
RS = 1/n ∑ | xi - x |
RS = 1/7 ( | 6 - 8 | + | 4 - 8 | + | 8 - 8 | + | 10 - 8 | + | 11 - 8 | + | 10 - 8 | + | 7 - 8 | )
RS = 1/7 (2 + 4 + 0 + 2 + 3 + 2 + 1)
RS = 1/7 (2 + 4 + 0 + 2 + 3 + 2 + 1)
RS = 1/7(14)
RS = 2

Jadi rata-rata simpangan data diatas adalah 2

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku Matematika SMK Kelompok Penjualan dan Akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇