Rumus Rata-rata Harmonik ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, January 18, 2017

Rumus Rata-rata Harmonik

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Rata-rata Harmonik, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Rata-rata Harmonik

Untuk data x1, x2, x3, x4, ... , xn, maka rumus rata-rata harmoniknya adalah sebagai berikut :

H = n / ∑(1/xi)

Keterangan :
H = Rata-rata harmonik
∑ = Sigma
n = Banyaknya data
xi = data data

Contoh :

Contoh :
Hitunglah rata-rata harmonik dari data 3, 5, 6, 6, 7, 10, 12 !

Jawaban :
Banyaknya data (n) = 7 sehingga
H = n / ∑(1/xi)
H = 7 / ∑(1/3 + 1/5 + 1/6 + 1/6 + 1/7 + 1/10 + 1/12)
H = 5,87

Jadi rata-rata harmonik dari data 3, 5, 6, 6, 7, 10, 12 adalah 5,87

Sekian Artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamaualikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇