Rumus Nilai Tunai Modal Bunga Majemuk ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, January 14, 2017

Rumus Nilai Tunai Modal Bunga Majemuk

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Nilai Tunai Modal Bunga Majemuk, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Menghitung Nilai Tunai Modal Bunga Majemuk

Apabila n periode seseorang harus melunasi pinjamannya sebesar M dengan perhitungan suku bunga i%/periode dan ternyata orang tersebut mampu untuk melunasi hutangnya sekarang, maka dikatakan orang tersebut membayar dengan tunai.
Dari rumus nilai akhir bunga majemuk :
Mn = M(1 + i)n

dapat diubah menjadi :
M = Mn / (1 + i)n

Maka rumus nilai tunai modal bunga majemuk adalah :

Nt = Mn / (1 + i)n atau Nt = Mn(1 + i)-n

Keterangan :
Nt = Nilai Tunai
Mn = Modal setelah n jangka waktu
M = Modal awal
n = Jangka waktu
i = Persentase bunga

Contoh :

Tentukan modal mula-mula jika suatu modal setelah dibungakan dengan bunga majemuk sebesar 15%/tahun selama 12 tahun modal menjadi Rp.13.375.625,26 !!!

Jawab :
Mn = Rp.13.375.625,26
i = 15%/tahun = 0,15/tahun
n = 12 tahun

Nt = Mn / (1 + i)n
Nt = Rp.13.375.625,26 / (1 + 0,15)12
Nt = Rp.13.375.625,26 / (1,15)12
Nt = Rp.13.375.625,26 / 5,350250105
Nt = Rp.2.500.000,00

Jadi nilai tunai atau modal mula-mulanya adalah Rp.2.500.000,00

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb. 
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇