Rumus Menghitung Nilai Akhir Modal Bunga Majemuk ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, January 13, 2017

Rumus Menghitung Nilai Akhir Modal Bunga Majemuk

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menghitung Nilai akhir Modal Bunga Majemuk, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Rumus Menghitung Nilai Akhir Modal Bunga Majemuk
Sebelum saya memberikan rumusnya, alangkah baiknya teman-teman memahami dulu asal-usul rumus ini. Perhatikan uraian di bawah ini :
Satuan modal M dengan bunga i%/bulan, maka setelah :
1 bulan modal menjadi :
M1 = M + bunga
M1 = M + M.i
M1 = M(1 + i)

2 bulan modal menjadi :
M2 = M1 + bunga
M2 = M(1 + i) + M(1 + i).i
M2 = M(1 + i)(1 + i)
M2 = M(1 + i)2

3 bulan modal menjadi :
M3 = M2 + bunga
M3 = M(1 + i)2 + M(1 + i)2.i
M3 = M(1 + i)2(1 + i)
M3 = M(1 + i)3

Dari pola uraian di atas, maka pada n bulan modal menjadi : Mn = M(1 + i)n.

Maka, dapat disimpulkan jika suatu modal M dibungakan dengan bunga majemuk i%/periode selama n periode, maka modal akhir Mn :

Rumus Nilai Akhir Modal Bunga Majemuk :

Mn = M(1 + i)n

Keterangan :
M = Modal awal
Mn = Modal akhir
i = Persentase bunga
n = Lamanya waktu

Contoh :

Modal sebesar Rp. 5.000.000,00 dibungakan dengan bunga mejemuk 10%/tahun. Tentukan modal akhir setelah 6 tahun !

Jawaban :
M = Rp. 5.000.000,00
i = 10%/tahun = 0,1/tahun
n = 6 tahun


Mn = M(1 + i)n
Mn = Rp. 5.000.000,00(1 + 0,1)6
Mn = Rp. 5.000.000,00(1,1)6
Mn = Rp. 5.000.000,00 x 1,771561
Mn = Rp.8.857.805,00

Jadi modal akhir selama 6 tahun menjadi Rp.8.857.805,00

Sekian artikel kali ini Mohon maaf apabila ada salah salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Refernsi :
  • Buku matematika SMK kolompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇