Rumus Menentukan Gradien dari Persamaan Garis Lurus ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, January 25, 2017

Rumus Menentukan Gradien dari Persamaan Garis Lurus

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Menentukan Gradien dari Persamaan Garis Lurus, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Rumus Menentukan Gradien dari Persamaan Garis Lurus

Rumus Menentukan Gradien dari Persamaan Garis Lurus


Ada beberapa rumus untuk menentukan gradien dari sebuah persamaan garis lurus. Tentuknya rumus-rumus berbeda tersebut disesuaikan dengan kondisi yang berbeda-beda pula. Namun meskipun ada beberapa rumus, tapi tujuannya hanya satu ko teman-teman yaitu menentukan gradien dari sebuah persamaan garis lurus. Berikut ini rumus-rumusnya :

Persamaan garis lurus : ax + by = c maka gradiennya m = -a/b
Persamaan garis lurus : y : ax + b maka m = a
Garis yang sejajar dengan sumbu x memiliki persamaan y = c dan m = 0
Garis yang sejajar dengan sumbu y memiliki persamaan x = c dan tidak memiliki gradien

Keterangan :
a dan b = Variabel
x = Sumbu x
y = Sumbu y
c = Konstanta
m = Gradien

Supaya makin jelas, yu kita gunakan rumus pada contoh di bawah ini :

Contoh :

Gradien dari 2x + y = 5 adalah m  = -1/b = -2/1 = -2
Gradien dari y = 4x + 1 adalah m = 4
Gradien dari : y = -10 adalah m = 0
Gradien dari : x = 1 adalah tidak memiliki gradien

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇