Rumus Kuartil Data Kelompok ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, January 20, 2017

Rumus Kuartil Data Kelompok

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Kuartil Data Kelompok , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Kuartil Data Kelompok 

Untuk data berkolompok yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, dapat diselesaikan dengan rumus :

Qi = Tbi + (((i/4)n - Fi)/fi)c

Keterangaan :
Tbi = Tepi bawah kuartil ke-i
Fi = Jumlah frekuensi sebelum frekuensi kuartil ke-i
fi = Frekuensi kuartil ke-i. i = 1, 2, 3
n = Jumlah seluruh frekuensi
C = Panjang interval kelas

Contoh :

Tentukan kuartil 1 pada tabel dibawah ini :

Rumus Kuartil Data Kelompok
Jawaban :
Untuk Q1, maka :
i = 1
n = 80
Letak Q1 = (i/4)n = (1/4)80 = 20
Maka letak Q1 terletak pada data ke-20 yaitu interval ke-3 (40 - 44),
Tb1 = 40 - 0,5 = 39,5
f1 = 13
F1 = 8 + 10 = 18
c = 35 - 30 = 5

Qi = Tbi + (((i/4)n - Fi)/fi)c
Q1 = Tb1 + (((1/4)n - F1)/f1)c
Q1 = 39,5 + (((1/4)80 - 18)/13)5
Q1 = 39,5 + ((20 - 18)/13)5
Q1 = 39,5 + (2/13)5
Q1 = 39,5 + 0,77
Q1 = 40,27

Jadi kuartil satu pada data di atas adalah 40,27

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamaualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇