Rumus Hubungan Suku Dengan Rasio Barisan Geometri ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, January 26, 2017

Rumus Hubungan Suku Dengan Rasio Barisan Geometri

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Hubungan Suku Dengan Rasio Barisan Geometri , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Rumus Hubungan Suku Dengan Rasio Barisan Geometri

Rumus Hubungan Suku Dengan Rasio Barisan Geometri 

Rumus ini sering sekali keluar pada ujian nasional. Untuk menentukan suku ke n tidak selalu harus diketahui suku pertamanya, tapi teman-teman tidak akan bisa menentukannya tanpa rumus berikut ini :

Un/Um = r(m - n) atau Un = r(m - n) . Um

Keterangan :
Un = Suku ke-n
Um = Suku ke-m
r = rasio
m < n

Contoh :


Diketahui suatu barisan geometri suku ke-6 adalah 96 dan suku ke-9 adalah 768. Tentukan suku ke-12 !!!!

Jawaban :
Un = U9 = 768
Um = U6 = 96

Un/Um = r(m - n)
U9/U6 = r(9 - 6)
768/96 = r3
8 = r3
r = 2

U12 = r(12 - 9) . U9
U12 = r3 . 768
U12 = 23 . 768
U12 = 8 . 768
U12 = 6144

Jadi suku ke-12nya adalah 6144

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇