Rumus Gradien Dua Garis Sejajar ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, January 25, 2017

Rumus Gradien Dua Garis Sejajar

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Gradien Dua Garis Sejajar, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Gradien Dua Garis Sejajar

Dalam hubungan dua buah garis lurus ada sebuah keadaan diamana dua garis saling sejajar. Tahukah teman-teman bagaimana kondisi garis sejajar itu ? Jika tidak tahu nih seperti gambar di bawah ini :
Pada keadaan seperti ini tentunya memiliki keistimewaan dalam penentuan gradiennya. Tentunya jika salah satu dari ketiga garis tersebut sudah diketahui gradiennya maka kita sudah pasti bisa menemukan gradien garis yang satunya lagi. Karena sudah pasti apabila kedua garis saling sejajar memiliki kemiringan yang sama, itu artinya gradiennya pun pasti sama. Maka apabila dijabarkan dalam rumus menjadi :

m1 = m2

Keterangan :
m1 = Gradien garis pertama
m2 = Gradien garis ke-2

Supaya lebih faham, yu kita lanjut ke contoh berikut :

Contoh :

Pastikan apakah 2x + y - 4 = 0 dengan y = -2x + 1 adalah dua buah garis saling sejajar !!

Jawaban :
Garis 1 :
2x + y - 4 = 0
-y = 2x - 4
y = -2x + 4
m1 = -2

Garis 2 :
y = -2x + 1
m2 = -2

Karena gradien garis 1 adalah -2 dan gradien garis 2 adalah -2 maka kedua garis tersebut dinyatakan saling sejajar, karena memiliki gradien yang sama yaitu :
m1 = m2
-2 = -2

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK Kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇