Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, January 18, 2017

Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal

Cara Menentukan Nilai Kuartil Data Tunggal

Kuartil membagi data menjadi empat bagian yang sama banyak dari data yang telah terurut yang masing-masing 25%.
Ada 3 langkah untuk menentukan nilai kuartil data tunggal, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Susun data menurut urutannya
  2. Tentukan letak kuartil
  3. Tentukan nilai kuartilnya
Untuk mencari letak kuartil data tunggal dapat dicari dengan rumus :
Qi = (i(n + 1))/4

Keterangan :
Qi  = Letak kuartil ke-i 
n = Banyaknya data

Contoh :

Tentukan nilai kuartil 1 dari data 1, 6, 9, 3, 5, 8, 10 !!!

Jawaban :
n = 7
 

1. Susun data menurut urutannya 

 1, 3, 5, 6, 8, 9, 10

2 Tentukan letak kuartil

 Qi = (i(n + 1))/4
 Q1 = (1(7 + 1))/4
 Q1 = 8/4 
 Q1 = 2

Jadi letak kuartil satunya ada pada data ke-2

3. Tentukan Nilai kuartilnya 

 Karena 3 terletak pada data ke-2 setelah disusun, maka kuartil satu dari 1, 6, 9, 3, 5, 8, 10 adalah 3

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan to'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇