Cara Menentukan Konvers, Invers, dan Kontraposisi ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, January 24, 2017

Cara Menentukan Konvers, Invers, dan Kontraposisi

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Konvers, Invers, dan Kontraposisi, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Cara Menentukan Konvers, Invers, dan Kontraposisi

Cara Menentukan Konvers, Invers, dan Kontraposisi

Pernyataan Konvers, Invers, dan Kontra Posisi itu berasal dari pernyataan implikasi. Dari pernyataan implikasi tersebut bisa diubah mejadi pernyataan, dengan cara konvers, invers, dan kontra posisi.
Untuk cara merubahnya, perhatikan uraian di bawah ini :
  • p ⇒ q , disebut implikasi yang belum diubah
  • q ⇒ p, disebut konvers dari implikasi
  • ~p ⇒ ~q, disebut invers dari implikasi
  • ~q ⇒ ~p, disebut kontraposisi dari implikasi

Contoh :

Misalkan p: Segitiga ABC sama sisi dan q: Ketiga suduntnya sama besar. Implikasi dari pernyataan p dan q adalah :
p ⇒ q "Jika segitiga ABC sama sisi maka ketiga sudutnya sama besar".

Konvers q ⇒ p :
" Jika ketiga sudutnya sama besar maka segitiga ABC sama sisi"

Invers ~p  ⇒ ~q :
"Jika segitiga ABC buka sama sisi maka ketiga sudutnya tidak sama bsar"

Kontraposisi ~q ⇒ ~p :
"Jika ketiga sudutnya tidak sama besar maka segitiga ABC buka sama sisi"

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok penjualan dan akuntansi karangan To'ali kelas 12.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇