Soal Olimpiade Matematika Tingkat Nasional ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, December 26, 2016

Soal Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Soal Olimpiade Matematika Tingkat Nasional, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Soal Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

Olimpiade matematika Indonesia 2003 Balikpapan, 15 - 19 September 2003 

Hari Pertama

Soal 1. Buktikan bahwa a9 - a habis dibagi 6, untuk setiap bilangan bulat a.

Soal 2. Diberikan sebuah segiempat ABCD sembarang. Misalkan P, Q, R, S, berturut-turut adalah titik-titik tengah AB, BC, CD, DA. Misalkan pula PR dan QS berpotongan di O. Buktikan bahwa PO = OR dan QO = OS.

Soal 3. Tentukan semua solusi bilangan real persamaan ⌊x2⌋ + ⌈x2⌉ = 2003. [Catatan : untuk sebarang bilangan real α, notasi ⌊α⌋ menyatakan bilangan bulat terbesar yang lebih kecil atau sama dengan α, sedangkan notasi ⌈α⌉ menyatakan bilangan bulat terkecil yang lebih besar atau sama dengan α.]

Soal 4. Diberikan Sebuah matriks berukuran 19 x 19, yang setiap kelompoknya bernilai +1 atau -1. Misalkan pula b adalah hasil kali semua komponen matriks di baris ke-i, dan kj adalah hasil kali semua komponen matriks di kolom ke-j. Buktikan bahwa b1 + k1 + b2 + k2 + ... + b19 + k19 ≠ 0.

Hari Ke-dua

Soal 5. Untuk sebarang bilangan real a, b, c, buktikan ketaksamaan 5a2 + 5b2 + 5c2 > 4ab + 4bc + 4ca, dan tentukan kapan kesamaan berlaku.

Soal 6. Balairung sebuah istana berbentuk segi-6 berurutan dengan panjang sisi 6 meter. Lantai balairung tersebut ditutupi dengan ubin-ubin keramik berbentuk degitiga samasisi dengan panjang sisi 50cm. Setiap ubin keramik dibagi kedalam 3 daerah segitiga yang kongruen, lihat gambar !. Setiap daerah segitiga diberi satu warna tertentu sehingga setiap ubin memiliki tiga warna berbeda. Raja menginginkan agar tidak ada dua ubin yang memiliki pola warna sama. Paling tidak sedikit berapa warna yang diperlukan ???

Soal 7. Misalkan k, m, n adalah bilangan-bilangan asli demikian, sehingga k > n > 1 dan faktor persekutuan terbesar dari k dan m sama dengan 1. Buktikan bahwa jika k - n habis membagi km - nm+1, maka k < 2n-1.

Soal 8. Diketahui segitiga ABC siku-siku di C dengan panjang sisi-sisinya merupakan bilangan bulat. Tentukan panjang sisi segitiga tersebut jika hasil kali dari dua sisi yang bukan sisi miring sama dengan tiga kali keliling segitiga.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku Olimpiade matematika (Wono Setya Budhi, Ph. D)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇