Definisi Modulo dan Contohnya ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, December 13, 2016

Definisi Modulo dan Contohnya

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Definisi Modulo dan Contohnya, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Definisi Modulo

Misalkan n adalah suatu bilangan bulat positif, a dan b adalah suatu bilangan bulat. a dikatakan kongruen b modulo n, ditulis :
a ≡ b (mod n)

Jika dan hanya jika a - b adalah kelipatan n.

Contoh:

Tentukan semua bilangan bulat x sedemikian sehingga x ≡ 1 (mod 10) !!!

Jawaban :

x ≡ 1 (mod 10) jika dan hanya jika x - 1 = 10 k untuk setiap k bilangan bulat.
Jika k = 0, 1, 2, 3, .... maka berturut-turut x = 1, 11, 21, 31,...
Begitu pula k = -1, - 2, -3, ... maka berturut-turut x = -9, -19, -29, ...
Dua barisan tersebut digabungkan sehingga himpunan penyelesaian x ≡ 1 (mod 10) adalah {.... , -29, -19, -9, 1, 11, 21, 31,.....}.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • PDF Aritmatika Modular.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇