Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, October 29, 2016

Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

Untuk menghitung berapa panjang sisi dari segitiga yang sebangun, bisa dilakukan dengan cara :

Membandingkan sisi-sisi yang bersesuaian antara segitiga-segitiga yang sebangun.

Contoh soal :
Berapakah panjang x dan y pada gambar di bawah ini !
Jawab :
Sebenarnya gambar di atas itu terdiri dari dua segitiga yaitu :
Maka diketahui :
CD = x
DE = y 
CE = 3
AC = 2 + x
BC = 3 + 3 = 6
AB = 10

Dan sisi-sisi yang sebanding :
CD : AC
DE : AB
CE : BC

Ditanyakan :
x = CD = ..???
y = DE = ...??

Maka :
x = CD
x : (2+x) = 3 : 6
6x = 3(2+x)

6x = 6 + 3x
6x - 3x = 6 + 3x - 3x
3x = 6
3x/3 = 6/3
x = 2

y = DE
DE : AB =  CD : AC
y : 10 = x : (2+x)
y : 10 = 2 : (2+2)
y : 10 = 2 : 4
4(y) = 2(10)
4y = 20
4y/4 = 20/4
y = 5

Jadi x dan y pada gambar di atas adalah 2 dan 5.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇