Cara Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, October 26, 2016

Cara Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Cara Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran

Langkah ke-1 :

Lukis Lingkaran L1 berpusat di P dengan jari-jari R dan Lingkaran L2 berpusat di titik Q dengan jari-jari r (R > r). Selanjutnya, hubungkan titik titik P dan Q.

Langkah ke-2 :

Lukis lingkaran berpusat di titik P dan Q sehingga saling berpotongan di titik R dan S. :

Langakah ke-3 :

Hubungkan titik R dan titik S sehingga memotong garis PQ di titik T. :

Langkah ke-4 :

Lukis lingkaran berpusat di titik T dan berjari-jari PT. :

Langkah ke-5 :

Lukis lingkaran dengan pusat di titik P dengan jari-jari R + r sehingga memotong lingkaran yang berpusat di titik T di titik U dan V. :

Langkah ke-6 :

Hubungkan titik P dan U sehingga memotong lingakaran L1 di titik A. Hubungkan pula titik P dan V sehingga memotong lingkaran L1 di titik C. :

Langkah ke-7 :

Lukis lingkaran dengan pusat di titik A, jari-jari UQ sehingga memotong lingkaran L2 di titik B. Lukis pula busur lingkaran pusat di titik jari-jari VQ sehingga memotong lingkaran L2 di titik D, :

Langkah ke-8 :

Hubungkan titik A dengn titik B dan titik C dengan titik D. Garis AB dan CD merupakan garis singgung persekutuan dalam lingkaran L1 dan L2.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇